Selasa, 17 November 2015

~かどうか (-Ka dou ka)


"Ka dou ka" digunakan untuk menyatakan dua atau lebih suatu kemungkinan atau pilihan. Arti dari "ka dou ka" adalah "entah ... entah tidak" atau "... atau tidak". Misalnya dalam bahasa Indonesia, "pilih A atau B atau C" atau "dia kemarin datang atau tidak, saya tidak tahu". Dalam bahasa Jepang, digunakan tata bahasa "ka dou ka". Tambahkan "ka dou ka" setelah kata benda, kata sifat, kata kerja, atau konjugasi manapun, baik versi biasa, masu-kei, maupun bentuk lampau. Contoh kalimat yang menggunakan "ka dou ka" atau dua partikel "ka":

昨日、彼は学校に行ったかどうか知らない。
Kinou, kare wa gakkou ni itta ka dou ka shiranai.
Aku tidak mengetahui apakah dia pergi ke sekolah atau tidak kemarin.
Aku tidak mengetahui entah dia pergi ke sekolah entah tidak kemarin.

Atau bisa juga seperti ini:

昨日、彼は学校に行ったか行かなかったか知らない。
Kinou, kare wa gakkou ni itta ka ikanakatta ka shiranai.
Aku tidak mengetahui apakah dia pergi ke sekolah atau tidak pergi kemarin.

Atau bisa juga menggunakan masu-kei:

昨日、彼は学校に行きましたかどうか知りません。
Kinou, kare wa gakkou ni ikimashita ka dou ka shirimasen.
Saya tidak mengetahui apakah dia pergi ke sekolah atau tidak kemarin.

Demikianlah pembahasan kali ini. Selamat belajar!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan baik dan sopan. Komentar akan dihapus apabila memuat unsur SARA, iklan, dan melenceng atau tidak sesuai dengan judul.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.