Kamis, 19 November 2015

Tata Bahasa Dasar


Tata bahasa awal dari Bahasa Jepang. Belajar tentang partikel WA, DESU, DEWA ARIMASEN dll, dan cara menggunakannya.

.... WA ...... DESU.
....  は  ...... です

Partikel WA (ditulis dengan ha は dalam hiragana), adalah kata bantu subjek.

DESU です adalah bentuk positif yang digunakan untuk membuat sebuah ucapan menjadi formal. DESU biasanya disuarakan DES.

私は学生です。
Watashi wa gakusei desu.
Saya (adalah) siswa.

あなたは学生です。
Anata wa sensei desu.
Kamu (adalah) guru.

Kosakata

私 Watashi : Saya
あなた Anata : Kamu
先生 Sensei : Guru

.... WA .... DEWA/JA ARIMASEN
.... は ..... では / じゃありません

DEWA ARIMASEN (bisa juga DEWARIMASEN atau JA ARIMASEN) adalah bentuk negatif (menyangkal) dari DESU, sama artinya dengan "bukan".

吉田さんは社長ではありません。
吉田さんは社長じゃありません。
Yoshida-san wa shachou dewa/ja arimasen.
Tuan Yoshida bukan direktur.

私は山田ではありません。
私は山田じゃありません。
Watashi wa Yamada dewa/ja arimasen.
Saya bukan Yamada.

.... WA .... DESHITA
....  は  ....  で し た

.... WA .... DEWA ARIMASEN DESHITA
..... は ..... で は あ り ま せ ん で し た

DESHITA adalah bentuk lampau dari DESU, berarti "dulunya adalah, mantan, bekas".

DEWA/JA ARIMASEN DESHITA adalah bentuk lampau dari DEWA/JA ARIMASEN, berarti "dulunya bukan, bukan mantan".

あの人は医者でした。
Ano hito wa isha deshita.
Dia mantan (dulunya) dokter.

これは学校ではありませんでした。
Kore wa gakkou dewa arimasen deshita.
Ini bukan bekas sekolah.

Rangkuman

私は店員です。
Watashi wa ten-in desu.
Saya adalah pegawai toko.

私は店員ではありません。
私は店員じゃありません
Watashi wa ten-in dewa/ja arimasen.
Saya bukan pegawai toko.

私は店員でした。
Watashi wa ten-in deshita.
Saya mantan (dulunya) pegawai toko.

私は店員ではありませんでした。
私は店員じゃありませんでした。
Watashi wa ten-in dewa/ja arimasen deshita.
Saya bukan mantan pegawai toko.

Demikianlah pembahasan kali ini. Selamat belajar!